BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Saat ini semua orang hidup
dengan menggunakan teknologi.salah satu teknologi yang paling banyak digunakan
adalah komputer. Salah satu program komputer yang sangat dibutuhkan
adalah perangkat lunak (software) pengolah angka. Perangkat pengolah angka yang
banyak digunakan saat ini adalah Microsoft Excel. Dalam makalah ini,
excel dikaitkan dalam
bisnis dunia bisnis dan
perusahaan. Tanpa mengecilkan pengaruh TIK di bidang lain, bidang
pembelajaran mendapatkan manfaat lebih dalam kaitannya dengan kemampuan TIK
mengolah dan menyebarkan informasi.
Microsoft Excel banyak digunakan oleh perusahaan atau bisnis untuk
mengolah data-data mereka. Hal ini dikarenakan cukup banyak fasilitas yang bisa
digunakan perusahaan atau bisnis dalam Microsoft Excel. Memakai fasilitasnya
pun tidak terlalu sulit.
Maka
dari itu penulis akan mencoba mengulas beberapa fungsi atau kegunaan Microsoft
Excel bagi perusahaan atau bisnis.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Apakah itu Microsoft Excel?
2. Bagaimanakah penggunaan Fungsi pada
Microsoft Excel?
3. Apa sajakah peran Microsoft Excel bagi
perusahaan dan bisnis?
C. Tujuan
Penelitian
Sejalan
dengan permasalahan penelitian yang telah dikemukakan diatas,
maka karya ilmiah ini bertujuan untuk:
1. Memperkenalkan microsoft Excel
2. Menjelaskan bagaimana cara-cara pemakaian
Jenis-jenis fungsi pada microsoft Excel
3. Menjelaskan manfaat microsoft Excel dalam
perusahaan dan bisnis
D. Manfaat
Penelitian
Adapun
manfaat penelitian ini adalah:
1. Agar lebih memahami tentang microsoft
excel dan manfaatnya.
2. Bagi perusahaan, lebih menyadari tentang
kegunaan Microsoft Excel agar lebih mempermudah usaha.
3. Bagi
pelajar termasuk penulis sendiri bahwa Microsoft Excel banyak kegunaannya
dan berguna nantinya.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Sejarah awal Microsoft Excel
Microsoft
Excel adalah salah satu software jenis spreadsheet yang dibuat oleh perusahaan
raksasa Microsoft, perusahaan yang juga membuat sistem operasi Windows yang
terkenal itu. Microsoft Excel dapat berdiri sendiri atau merupakan bagian dari
Microsoft Office, suatu suite programme (gabungan beberapa program namun
berfungsi sebagai satu kesatuan program/saling terkoneksi satu sama
lain). Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang,
dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan
Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di
dalam komputer mikro hingga saat ini.
Software type spreadsheet mulai
dikenal ketika diperkenalkannya software VisiCalc pada suatu pameran komputer
di Amerika tahun 1979. Saat itu VisiCalc masih diperuntukkan untuk komputer
berbasiskan Sistem Operasi UNIX. Program ini kemudian dibeli oleh perusahaan
Lotus. Akhirnya Lotus membuat software spreadsheet sendiri yang dibuat
berdasarkan pengembangan dari VisiCalc yang diberi nama Lotus 1-2-3. Lotus
1-2-3 menjadi standard software spreadsheet untuk beberapa waktu lamanya
sebelum kemudian Microsoft mempopulerkan produk Excel-nya dengan basis Windows
(Microsoft Excel 4.0 for Windows).Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh
pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada
November 1987.Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program
spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang
aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal. Prestasi ini
mengukuhkan Microsoft sebagai kompetitor yang sangat kuat bagi 1-2-3 dan bahkan
mereka mengembangkannya lebih baik lagi. Microsoft, dengan menggunakan
keunggulannya, rata-rata merilis versi Excel baru setiap dua tahun sekali, dan
versi Excel untuk Windows terakhir adalah Microsoft Office Excel 2007 (Excel
12), sementara untuk Macintosh (Mac OS X), versi terakhirnya adalah
MicrosoftExcel2004.
Semenjak
itulah Microsoft Excel memimpin aplikasi software spreadsheet. Kronologis singkat
pengembangan Microsoft Excel.
Excel
menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program
spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc
(perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam
baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi
absolut atau referensi relatif terhadap sellainnya.
Excel
merupakan program spreadsheet pertama yang mengizinkan pengguna untuk
mendefinisikan bagaimana tampilan dari spreadsheet yang mereka sunting: font,
atribut karakter, dan tampilan setiap sel. Excel juga menawarkan penghitungan
kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan
sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program
spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu
perintah khusus dari pengguna). Selain dapat menyelesaikan berbagai
perhitungan yang rumit, Excel juga memiliki beragam fasilitas yang dapat
digunakan untuk mengoptimalisasi penerapannya dalam bisnis yaitu dengan program
pembuatan grafik yang juga tersedia di dalamnya. Dengan grafik, data yang ada
dapat direpresentasikan secara visual dengan lebih efisien ketimbang dengan
sekumpulan angka-angka semata.
B. Perkembangan microsoft excel
1. Tahun
1987 Excel semula dikembangkan untuk PC berbasiskan Apple-MacIntosh. Produk
pertama bagi PC-IBM langsung memakai Versi 2.0, semata-mata untuk menyeragamkan
versi Excel untuk Macintosh yang sudah mencapai versi 2.0.
2. Tahun
1990 Menyertakan toolbar, kemampuan menggambar, grafik 3-D (tiga dimensi) dan
beberapa tambahan fasilitas lainnya.
3. Tahun
1992 adalah versi yang terpopuler. Menyertakan banyak fasilitas tambahan
lainnya. Versi Microsoft Excel for Windows dikeluarkan
4. Tahun
1993 Perbaikan besar-besaran, termasuk kemampuan menampilkan beberapa lembar
kerja sekaligus dalam suatu workbook.
5. Tahun
1995 Dikenal juga sebagai Excel 95. Penomoran versi langsung melompat ke versi-
7 tanpa ada versi-6, semata-mata agar terdapat keseragaman versi dengan
software yang terintegrasi dalam Microsoft Office for Win’95. Versi ke-7 dari
Excel dengan kemampuan 32-bit pertama walau fasilitasnya sebagian besar sama
dengan versi 5.
6. Tahun
1997 Dikenal juga sebagai MS-Excel 97.
7. Tahun
1999 Dikenal juga sebagai MS-Excel 2000. Mengenali format bahasa HTML.
8. Tahun
2001 Dikenal juga sebagai MS-Excel XP (Experience).
C. Dasar-dasar Penggunaan
Microsoft Excel
Sebelum menjalankan microsoft excel, kita
harus mengetahui dasar-dasar Microsoft Windows dan penggunaan
mouse. Anda juga harus sudah mengenal istilah-istilah komputer yang terdapat di
sini dan mengenal fungsi tombol-tombol pada keyboard. Sebab nanti dalam
prakteknya, sangat penting dan membantu Anda mempersingkat waktu, dibandingkan
jika Anda tidak mengenal dan tidak mengetahui sama sekali.
Program
Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office pada Windows
3.1 Untuk mengaktifkan program Microsoft Excel pada Windows versi 3.1 dan
3.11 maka dari Program Manager, arahkan pointer mouse ke icon group Microsoft
Office lalu klik dua kali tombol sebelah kiri mouse. Setelah jendela Microsoft
Office terbuka (lihat Gambar 1 disebelah), arahkan pointer mouse ke icon
program Microsoft Excel lalu klik dua kali lagi.
Sedangkan pada Windows 95/98/2000/Millenium, caranya click tombol Start, lalu pilih Programs, kemudian sorot dan click Microsoft Excel (lihat gambar dibawah ini). Atau jika sudah terdapat icon Microsoft Excel, maka icon tersebut dapat langsung di click dua kali untuk mengaktifkan program Microsoft Excel.
Sedangkan pada Windows 95/98/2000/Millenium, caranya click tombol Start, lalu pilih Programs, kemudian sorot dan click Microsoft Excel (lihat gambar dibawah ini). Atau jika sudah terdapat icon Microsoft Excel, maka icon tersebut dapat langsung di click dua kali untuk mengaktifkan program Microsoft Excel.
D. Mengenal Spreadsheet
Elemen-elemen
Excel yang perlu Anda ketahui adalah :
1. Title
Bar, letaknya paling atas, berisi judul program dan nama file yang dibuka.
Ditampilkan nama program yang digunakan yaitu Microsoft Excel dan nama file
yaitu Book 1 yang terdiri atas:
Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help
Lajur Menu, berisikan menu-menu Excel seperti File, Edit, View, Insert, Format, Tools, Data, Help
2. Standard
Toolbar, berisikan icon-icon standard Excel untuk file baru, membuka,
menyimpan, mencetak, menghapus dan memindahkan, mencopy dll.
3. Format
Toolbar, berisikan icon-icon yang mengubah tampilan format data, seperti
tampilan jenis huruf (Arial), ukuran/size huruf (10) cetak tebal (B), miring
(I), garis bawah (U), lambang keuangan ($), prosentase (%), menambah atau
mengurangi tampilan desimal dll.
4. Lajur
Rumus, terdiri atas dua bagian yaitu yang disebelah kiri menginformasikan sel
yang aktif, sementara di sebelah kanannya, menampilkan isi pada sel yang aktif
tersebut. Karena isi data pada
5. Area
lembar kerja (worksheet) adalah bidang dimana kita menuliskan input dan
sekaligus melihat outputnya. Area ini terdiri atas beberapa kolom yang ditandai
dengan huruf A, B, C dan seterusnya, lalu beberapa baris yang ditandai dengan
angka 1, 2, 3 dan seterusnya. Perpotongan antara kolom dan baris disebut juga
sel. Dalam contoh diatas, sel
yang aktif adalah sel A3
artinya terletak diperpotongan antara kolom A dan baris ke-3.
6. Pada
bagian pojok kiri bawah terdapat nama dari setiap worksheet. Nama ini bisa
diganti. Caranya arahkan pointer mouse ke nama worksheet, lalu click tombol
kanan mouse Anda lalu pilih Rename. Setelah itu ketikkan nama worksheet yang
Anda inginkan.
E. Tampilan Layar Excel
a) Area
Worksheet
Menempati
bidang yang paling besar, area worksheet terletak di tengah-tengah layar dan
merupakan tempat dimana output tampilan dari aktifitas kita ditampilkan di
sini. Aktifitas yang dimaksud dapat berupa, misalnya : memindahkan pointer,
menyisipkan atau menghilangkan suatu baris/kolom, menghapus data pada suatu sel
atau range, dan lain sebagainya.
b) Indikator/Penunjuk
Status
Penunjuk
status terdapat di bagian bawah dari lembar kerja (worksheet). Dalam penunjuk
status ini terdapat informasi mengenai keterangan perintah yang Anda sorot dari
menu. Jika tidak ada perintah, maka akan ditampilkan status Ready yang artinya
Excel siap menerima perintah.
Status indikator muncul saat Anda menekan tombol-tombol tertentu atau pada saat Microsoft Excel melaksanakan sejumlah perintah tertentu.
Status indikator muncul saat Anda menekan tombol-tombol tertentu atau pada saat Microsoft Excel melaksanakan sejumlah perintah tertentu.
c) Ukuran
Lembar
kerja (worksheet) terdiri atas beberapa kolom dan baris. Seluruhnya ada 256
kolom yang ditandai dengan huruf A,B,C,….Z dilanjutkan AA, AB, AC…AZ, lalu BA,
BB.. lalu CA, CB ..begitu seterusnya hingga IA, IB, IC ..s/d…IV. Sedangkan
jumlah baris sebanyak 16384 baris ditandai dengan angka dari 1,2,3,4 ….dst.
hingga angka 16384.
d) Pengertian
Sel, Penunjuk sel (Pointer), Range
Sel
adalah perpotongan antara baris dan kolom. Sel dinamakan berdasarkan lokasi
atau koordinatnya. Misalkan sel C10 adalah
perpotongan antara kolom C dan baris ke 10
Sel Aktif adalah sebuah sel yang Anda gunakan saat itu. Perbedaan antara sel aktif dengan sel-sel lainnya ialah, pada sel aktif Anda dapat melakukan sejumlah aktifitas, sementara pada sel-sel lainnya tidak bisa. Untuk mengaktifkan sel lain sebagai sel aktif, Anda harus memindahkan dan meng-klik pointer ke suatu sel tertentu. Dalam suatu lembar kerja hanya ada satu sel saja yang berfungsi sebagai sel aktif. Lokasi sel yang aktif ditampilkan dalam lajur rumus .
Sel Aktif adalah sebuah sel yang Anda gunakan saat itu. Perbedaan antara sel aktif dengan sel-sel lainnya ialah, pada sel aktif Anda dapat melakukan sejumlah aktifitas, sementara pada sel-sel lainnya tidak bisa. Untuk mengaktifkan sel lain sebagai sel aktif, Anda harus memindahkan dan meng-klik pointer ke suatu sel tertentu. Dalam suatu lembar kerja hanya ada satu sel saja yang berfungsi sebagai sel aktif. Lokasi sel yang aktif ditampilkan dalam lajur rumus .
Penunjuk
berfungsi sebagai Pointer. Sel yang ditunjuk atau disorot oleh pointer disebut
sebagai sel aktif. Sel aktif ditandai dengan kotak empat persegipanjang. Dalam
gambar 3 di atas, sel yang aktif adalah B3. Posisi sel B3 tertulis pada kotak
lokasi sel (perhatikan : letaknya di depan lajur rumus). Worksheet Area adalah
tempat yang menampilkan lokasi sel atau range yang aktif.
Microsoft
Excel juga menyediakan fasilitas untuk membuat tabel secara cepat. Pada umumnya
grafik akan memudahkan kita untuk melihat gambaran suatu perbandingan akan
serangkain data yang ada.
F. Fasilitas pada Microsoft Excel
Menggunakan Rumus (Formula) dan Fungsi Rumus merupakan bagian
terpenting dari Program Excel ini, karena setiap tabel dan dokumen yang kita
ketik akan selalu berhubungan dengan rumus dan fungsi. Beberapa operator yang
sering digunakan adalah; (+) Penjumlahan, (-) Pengurangan, (*)Perkalian, (/)
Pembagian, (^) Perpangkatan, (%) Persentase. Proses perhitungan akan dilakukan
sesuai dengan derajat urutan dari operator ini, dimulai dari pangkat (^), kali
(*), atau bagi (/), tambah (+) atau kurang (-).
Cara
menulis rumus :
1. Menulis
rumus dengan mengetikkan angka langsung :
a.) Letakkan
penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan b.) Pada formula bar,
ketikkan = 5000000+3500000, lalu tekan tombol enter. Menulis rumus dengan cara
ini cukup mudah kalau rumusnya sederhana dan pendek serta angkanya tetap.
2. Menulis
rumus dengan menggunakan alamat sel:
a.) Letakkan
penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus ditampilkan b.)
Pada formula bar, ketikkan = C4+C5, lalu tekan tombol enter. Menulis rumus dengan
cara ini sangat bermanfaat jika datanya sering berubah.
3. Menulis
rumus dengan bantuan mouse :
a.) Letakkan
penunjuk sel pada sel tempat hasil rumus akan ditampilkan
b.) ketikkan
= , kemudian pilih dan klik sel C4 c. Ketik +, kemudian pilih dan klik sel C5
d. Tekan tombol enter. Menulis rumus dengan cara ini sangat dianjurkan karena
memperkecil kemungkinan salah ketik alamt sel.
No comments:
Post a Comment