kumpulan koleksi terbaru

Saya hanya mencoba mengumpulkan sumber yang akurat semoga dapat membantu para pembaca

JURNALIS INFO

Follow Us

Labels

BIODATA (1) sosial (1)

Ads

Thursday, April 27, 2017

Peristiwa Menuju Menuju Pilkada DKI jakarta



Peristiwa  Menuju Menuju Pilkada DKI
oleh yuliana

Baru baru ini kita pasti banyak mendengar kata demontrasi. Arti kata demontrasi adalah sebuah gerakan penyampaian aspirasi yang dilakukan sekelompok orang dihalayak umum yang dilakukan untuk menyatakan pendapat kelompok tersebut atau penentang kebijakan yang dilaksanakan suatu pihak atau dapat pula dilakukan sebagai sebuah upaya penekanan secara politik oleh kepentingan kelompok.
Demonstrasi umumnya dilakukan oleh kelompok mahasiswa dan orang-orang yang tidak setuju dengan pemerintah dan yang menentang kebijakan pemerintah atau para buruh yang tidak puas terhadap pemilik perusahaan, namun ada juga tujuan dan maksud lain.
Baru-baru ini juga kita sudah menyaksikan demo terbesar yang diplopori oleh front pembela islam di indonesia mulai dari aksi 14 oktober 2016 aksi dilakukan di balai kota jakarta pusat, tuntutan aksi ini adalah segera menetapkan basuki tjahja purnama sebagai tersangka kasus penistaan agama kaitan dengan surat al maidah ayat 51.
pada tanggal 4 november 2016. Para petinggi gerakan nasional pengawal fatwa MUI (GNPF-MUI) kembali menggelar aksi bela islam Jutaan massa yang terdiri dari berbagai elemen melakukan aksi unjuk rasa di bundaran HI, jakarta, jumat 4/11. Dalam aksinya mereka menutut penuntasan kasus penistaan agama yang dilakukan oleh basuki tjahja purnama, ia dituding melakukan penistaan agama, lantaran dalam pidatonya dihadapan warga kepuluan seribu, dia mengutip surat al-maidah ayat 51. Hal ini menyulut kemarahan warga muslim yang memang di indonesia maayoritas agama islam.
Aksi kedua pun dilakukan pada aksi 212 jilid 1 telah menyedot perhatian tak hanya media lokal namun juga internasional. Aksi salat jumat berjamaah dan tausiah, kali ini massa berkumpul di depan gerbang monumen nasional (monas), jakarta pusat untuk mengikuti aksi ini masa menuntut ahok segera ditahan.
Aksi 112 terjadi di masjid istiqlal melakukan salat jumaat bersama, peserta meminta ahok diberhentikan dari posisi gubernur karena statusnya sebagai terdakwa aksi ini di polopori oleh forum umat islam (FUI).
Aksi 212 jilid 2 tututan pada aksi ini ditunjukan terhadap DPR dan Kemendagri, dilakukan di gedung DPR bukan di monas atau di mesjid istiqlal
Dari aksi-aksi diatas jika dilihat dari sudut pandang sosiologi politik aksi 313 berguna untuk menjaga semangat massa supaya tidak kendur bukan untuk disimpulkan bahwa aksi 313 yang terakhir namun bisa saja di lain waktu massa bisa berkumpul lagi dengan jumlah masa yang lebih besar dari aksi aksi sebelumnya.
            Dilihat dari sudut pandang politik bahwa peristiwa tersebut dijadikan sebuah keuntungan untuk menjatuhkan basuki cahya purnama di tengah memanasnya pilkada DKI yang terjadi di Jakarta.


No comments:

Post a Comment

Adbox